Sebuah Kilas Pandang (Yang Tidak Terlalu Teknis) Mengenai Apa Itu Bitcoin 🇮🇩

Sebuah kilas pandang dari Protokol Bitcoin untuk pemula awam

English 🇬🇧 Espanol 🇪🇸 Française 🇫🇷 Italiano 🇮🇹 Português 🇧🇷 Romanian 🇷🇴 Swedish 🇸🇪 German 🇩🇪 Armenian 🇦🇲 Catalan 🛠 Chinese 🇨🇳 Taiwan 🇹🇼 Croatian 🇭🇷 Bosnian 🇧🇦 Slovenian 🇸🇮 Turkish 🇹🇷 Russian 🇷🇺 Arabic 🇸🇦 Norwegian 🇳🇴

Artikel ini adalah copy dari sumber orisinil di Bitcoin Reserve Journal

Kata Pengantar

Ketika saya pertama kali mengetahui Bitcoin, untuk saya itu hanyalah sebuah angka yang dapat saya perdagangkan. Beli di harga rendah, jual di harga tinggi, untuk menghasilkan uang. Tetapi sebenarnya sangat lebih dari sekedar itu. Saya dulu memperlakukan sebuah anugerah ajaib untuk umat manusia seakan-akan dengan sembarangan. Padahal seharusnya saya perlakukan dengan hormat.

Selama pasar kondisi turun (bearish market) tahun 2018, ketika kegembiraan akan keuntungan menghilang, dan setelah rasa sakit karena mereka terhapus tenggelam, saya memutuskan untuk menahan kepemilikan, atau “HODL” (Holding On During Lifetime) sebagai “meme” yang berlangsung. Saya tahu saya harus bersabar. Saya punya waktu. Jadi saya memutuskan untuk mempelajari lebih lanjut tentang apa itu Bitcoin. Beruntung saya lakukan hal itu! Saya tercengang. Sejak itu, saya terus belajar lebih banyak, dan saat saya belajar, semuanya masuk akal, dan keyakinan saya meningkat. Begitu pula dengan investasi (BItcoin) saya.

Saya bertanya pada diri sendiri, “Apakah saya secara membabi buta menyusuri jalan setapak tanpa pertanyaan?” Uji tuntas mengharuskan saya mencari kelemahan Bitcoin dengan sangat keras. Setelah 18 bulan mencari, hampir setiap hari, saya belum menemukan keberatan yang pasti untuk membuat saya tidak agresif mengumpulkan Bitcoin.

Pertama-tama saya akan menjelaskan apa itu Bitcoin dan bagaimana cara kerjanya. Di artikel lain, saya akan membahas keberatan dan risiko yang saya, dan orang lain, ajukan. Dan saya akan menyajikan semua jawaban yang saya temukan, dan wawasan yang saya peroleh.

Memahami Bitcoin Itu Sulit, dan Kemudian Tidak

Tidak mudah untuk memahami Bitcoin pada awalnya. Saya pikir lebih baik menjelaskan kepada pendatang baru APA itu Bitcoin, bukan BAGAIMANA. Apa yang dapat dilakukannya, masalah yang dipecahkannya, dan mengapa itu penting. Kita seharusnya tidak menyelami BAGAIMANA kerjanya karena terlalu dini. Tidak ada kebutuhan untuk saat ini. Itu tidak menambah pemahaman dan apresiasi mengapa Bitcoin adalah sebuah hadiah luar biasa bagi umat manusia.

Bitcoin tidak mudah untuk dijelaskan. Tidak ada satu paragraf yang dapat menyampaikan semua sifat krusialnya. Setiap penjelasan singkat menyesatkan dalam beberapa hal.

Itu sebagian karena tidak ada yang pernah ada sebelumnya seperti Bitcoin, jadi tidak ada yang bisa dibandingkan dengan yang terdahulu. Perbandingan secara otomatis dibuat untuk membantu memahami konsep, tetapi tidak akurat dan mengarah pada kesimpulan yang salah. Ini menantang banyak gagasan yang terbentuk sebelumnya tentang uang (yang salah) dan diterima begitu saja. Ini menantang pandangan dunia, dan itu tidak nyaman bagi orang-orang.

Alasan lain mengapa sulit untuk dijelaskan adalah karena memiliki banyak bagian yang berbeda dan rumit, masing-masing dengan fungsi yang berbeda – dan hanya dengan memahami setiap bagian dapat dipahami secara keseluruhan. Bagian-bagian rumit ini lebih mudah dipahami jika seseorang memiliki pemahaman dasar tentang berbagai bidang seperti Ilmu Komputer, Kriptografi, Ekonomi aliran sekolah Austria, Sejarah Uang, Jaringan Sosial, Teori Permainan (Game Theory), Psikologi Manusia, dan Evolusi/Seleksi Alam.

Kelangkaan Jumlah

Bitcoin hanyalah nomor digital. Tapi kelangkaan jumlah. Bagaimana itu bisa terjadi? Kelangkaan jumlah tidak masuk akal pada awalnya. Ada 21 juta dari semua jumlah “mereka” (Bitcoin). Masing-masing masih dapat dipecah menjadi potongan-potongan kecil, hingga 8 desimal ke belakang. Anda dapat memiliki jumlah paling sedikit 0,00000001 bitcoin. Mereka sebenarnya bukan “koin” utuh seperti itu, mereka hanya nomor khusus.

Potongan-potongan itu dapat dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain, tetapi potongan-potongan ini tidak dapat ada di dua tempat sekaligus. Mereka tidak dapat disalin/diduplikasi. Itu sangat istimewa.

Jika saya memiliki 0,5 bitcoin dan mengirimkannya ke orang lain, saya tidak lagi memiliki pecahan bitcoin itu. Ini berbeda dengan email, sehingga jika saya mengirimnya, saya dapat menyimpan salinan/duplikat-nya. Mungkin akan membantu (pada awalnya) untuk memikirkan jumlah bitcoin seperti email yang dapat diidentifikasi secara unik yang berisi nomor, yang hanyalah dapat berada di satu tempat pada satu waktu

Tidak ada barang digital yang pernah memiliki properti ini. Perhatikan juga, tanpa properti ini, uang digital tanpa koordinator terpusat tidak dimungkinkan terjai.

Blockchain

Mari kita tingkatkan kerumitannya sedikit. Bitcoin bukan hanya jumlah angka, tetapi juga “buku” digital, atau buku besar, di mana ia dicatat. Angka (satuan) huruf kecil ‘b’, buku huruf besar ‘B’. Buku besar juga mencatat alamat apa yang terkait dengan bitcoin. Untuk saat ini, pikirkan alamat ini seperti nomor rekening bank yang “menampung” bitcoin.

Blockchain Bitcoin, atau “buku”, atau “buku besar”, berisi saldo setiap alamat (akun), dan setiap pergerakan bitcoin (mutasi transaksi) sejak awal pembuatan Bitcoin. Berhenti dan pikirkan hal itu sejenak – Setiap transaksi untuk setiap akun, selamanya. Sistem moneter yang benar-benar transparan. Bukan rekening bank yang transparan, tetapi sistem moneter yang transparan.

Catatan: alamat tidak memiliki identifikasi pribadi yang terkait dengannya di buku besar, tetapi kepemilikan dapat disimpulkan dari pengawasan riwayat mutasi transaksi. Karena itu, privasi bukanlah standar, tetapi dapat dicapai dengan praktik yang baik. Jika Bitcoin sepenuhnya bersifat privat, maka akibatnya malah audit integritas sistem moneter secara keseluruhan tidak akan mungkin dilakukan.


Blockchain seperti buku besar Bank, tetapi lebih dari itu. Ini adalah buku besar dari seluruh sistem moneter

Rata-rata setiap 10 menit, “halaman” baru transaksi ditambahkan ke buku besar, yang disebut “blok”. Pikirkan buku besar fisik, di mana transaksi dibatasi satu halaman setiap 10 menit. Ada batasan seberapa sering halaman akan dibalik untuk menambah transaksi baru, dan buku ini terus bertambah.

Karena data ditambahkan dalam blok, dan setiap blok terhubung ke blok sebelumnya (alasan mengapa akan dijelaskan nanti), buku besar disebut “blockchain” – rantai blok yang terus berkembang.


Setiap bagian bitcoin dapat dilacak ke penciptaan aslinya dengan memeriksa riwayat setiap transaksi yang terlibat di dalamnya. Semuanya diperhitungkan. Semuanya bertambah dengan sempurna. Impian sejati seorang akuntan.

Tujuan Blockchain bukan hanya untuk menempatkan data baru dalam urutan kronologis yang benar – ini adalah untuk membuat blok terhubung secara digital, sehingga setiap perubahan yang menyebabkan kerusakan pada blok sebelumnya membatalkan blok di masa depan. Ini membuat sejarah perubahan sistem moneter menjadi jelas. Dibahas nanti, sistem penambangan (mining) yang membuat sistem pencatatan yang anti-rusak.

Membuat Bitcoin

Bitcoin dimulai pada 3 Januari 2009, oleh seseorang atau sekelompok orang, dengan nama samaran Satoshi Nakamoto. Tidak ada yang tahu siapa “dia” itu dan “dia” telah menghilang tak lama setelah membuat Bitcoin.

Di halaman pertama buku besar, blok pertama, ketika protokol penambangan Bitcoin pertama kali dimulai, hanya 50 bitcoin yang diciptakan. Apa artinya? Ini berarti entri pertama di blok pertama berisi transaksi 50 bitcoin – Sama seperti Anda membuka buku baru dan menulis, “Saya punya $50 dolar.”

Jangan terlalu terganggu sekarang pada kenyataan bahwa mereka diciptakan tampaknya dari ketiadaan – keberatan awal ini akan dapat dijelaskan nanti.

Untuk setiap halaman baru yang ditambahkan ke “buku” Bitcoin, 50 lebih “koin” ditambahkan. Di setiap “halaman”, selain koin yang baru dibuat, ada juga pergerakan bitcoin dari satu orang ke orang lain – yang disebut “transaksi”.

Setiap 210.000 halaman, atau “blok”, tingkat upah pembuatan/penambangan bitcoin menjadi setengahnya sehingga pada blok 210.001, 25 bitcoin dibuat, bukan 50. Kemudian di blok 420.001, 12,5 bitcoin dibuat, bukan 25. Kemudian di blok 630.001, di 12 Mei 2020, 6,25 bitcoin sedang dibuat, bukan 12,5. Peristiwa ini disebut “Pembelahan Upah” Bitcoin (“Halvings” atau “Halvenings” – ada perdebatan yang sedang berlangsung tentang terminologi itu).

Kira-kira pada tahun 2140, karena semakin sedikit bitcoin yang dibuat per blok, akan tiba saatnya unit sekecil mungkin (0,00000001 bitcoin, yang disebut 1 Satoshi) akan dibuat per blok, dan tidak bisa lagi dibagi dua. Itu akan menghasilkan batas 21.000.000 bitcoin yang dibuat, dan tidak ada lagi Bitcoin yang akan dapat dibuat. Saat ini, sudah ada sekitar 18,5 juta bitcoin yang beredar.

Node: Blockchain Yang Dapat Disalin, Tetapi Bitcoin Tidak Dapat

Yang penting, meskipun unit bitcoin tidak dapat disalin/diduplikasi di dalam buku besar, buku besar itu sendiri, Bitcoin dengan huruf kapital “B”, dapat disalin, dan disalin, sepanjang waktu, dan itu sangat penting agar kebal terhadap serangan atau shutdown jaringan.

Salinan buku besar ada di ribuan komputer di seluruh dunia, dan semuanya terhubung dalam jaringan dan disinkronkan satu sama lain. Komputer ini disebut “node”.


Ini adalah Node Bitcoin pribadi saya, mirip dengan ribuan lainnya yang sama serupa di seluruh dunia. Ini adalah Raspberry Pi (komputer bertenaga listrik rendah yang sangat murah), terhubung ke hard drive eksternal. Perangkat terhubung ke internet melalui jaringan rumah saya.

Siapa pun dapat berpartisipasi dalam jaringan “nodes” ini. Ini hanya masalah mengunduh perangkat lunak, yang disebut Bitcoin Core, dari bitcoin.org, dan menghubungkannya ke komputer lain melalui internet yang juga menjalankan Bitcoin Core (komunikasi langsung terjadi secara otomatis).


Halaman unduhan di bitcoin.org

Program yang baru diunduh kemudian berkomunikasi dengan komputer lain yang menjalankan perangkat lunak yang sama, untuk menyalin Blockchain Bitcoin. Itu memelihara koneksi ini untuk berpartisipasi sebagai bagian dari jaringan.

Setelah node baru sinkron/selaras dengan yang lain, ia menunggu (seperti semua node lainnya) untuk membuat blok baru (oleh penambang). Ini disebarkan melalui jaringan dan semua komputer memperbarui sendiri. Sebuah node dapat mematikan dirinya sendiri untuk alasan apa pun, dan kembali bergabung dengan jaringan kapan saja. Itu hanya harus mengejar ketinggalan dengan menambahkan blok-blok baru yang terlewatkan.

Masa lalu dari blockchain tidak dapat diubah. Ini adalah catatan permanen dari semua transaksi, dan didistribusikan ke seluruh dunia. Itu tidak bisa diberantas. Untuk mematikan Bitcoin, setiap jaringan node ini harus ditemukan dan dihancurkan. Karena ini hampir tidak mungkin, maka protokol Bitcoin hampir tidak mungkin dihentikan.

Ulasan Cepat

Untuk meringkas secara singkat sejauh ini, Bitcoin Blockchain berisi rantai blok yang terhubung, masing-masing dengan bitcoin yang baru dibuat (dari “tidak ada”), dan setiap pergerakan kepemilikan bitcoin (transaksi). Blok baru ditambahkan rata-rata setiap 10 menit, dan ribuan lebih komputer menyimpan salinan terbaru yang identik dari seluruh rantai.

Menyimpan Bitcoin: Kunci Pribadi

Sangat menarik untuk mengetahui bahwa Anda tidak pernah bisa benar-benar “memiliki” beberapa bitcoin, sesuai dengan pemahaman umum tentang kata “milik”. Jumlah bitcoin hanyalah angka pada banyak salinan Blockchain yang identik (yang dapat dilihat semua orang), terkait dengan string (huruf dan angka) yang disebut “alamat” Bitcoin.

Apa yang Anda miliki adalah kuncinya. Kunci seperti “kata sandi” rahasia – sebenarnya adalah angka biner yang sangat banyak (nol dan satu) yang dihasilkan secara acak, yang hanya Anda yang dapat akses. Anda dapat mengetahui nomor, tetapi Anda tidak dapat memilikinya. Jadi, Anda tahu kuncinya, bukan memiliki kuncinya. Tapi itu sederhana dan diterima secara umum untuk mengatakan “milik”.

Karena jumlahnya besar, dan acak, tidak ada dua orang yang akan menghasilkan kunci yang sama.

Contoh kunci pribadi Bitcoin (bisa dua kali lebih panjang):

Notice there are 12 groups of 11 digit binary numbers

This number is hard to write down for a human. So a system was developed, a protocol, in which words can be used to represent that number. Below is the set of words that is equal to the above number:


p.p1 {margin: 0.0px 0.0px 8.0px 0.0px; font: 11.0px ‘Trebuchet MS’; color: #000000; -webkit-text-stroke: #000000} span.s1 {font-kerning: none}
Perhatikan ada 12 kelompok bilangan biner 11 digit.

Kunci pribadi digunakan untuk membuat satu set unik (unik untuk kunci itu) dari alamat bitcoin yang tampaknya tak terbatas menggunakan rumus matematika yang telah ditentukan sebelumnya. Di bawah ini adalah beberapa alamat pertama untuk kunci di atas:

Jika di Bitcoin Blockchain, ada alamat yang tercatat memiliki beberapa bitcoin yang terkait dengannya, dan jika Anda adalah “pemilik” kunci pribadi yang membuat alamat Bitcoin itu, maka Anda memiliki kekuatan untuk menghapus bitcoin dari alamat itu, dan mengirimkan ke alamat Bitcoin lain yang Anda suka.

Jika Anda memindahkannya ke alamat yang terkait dengan kunci pribadi orang lain, maka orang tersebut akan mengontrol kemana bitcoin itu bisa pergi selanjutnya. Anda telah membayar dia secara efektif. Saldo di alamat Bitcoin Anda telah turun, dan saldo di alamat Bitcoin Anda telah naik dengan jumlah pembayaran.

Cara lain untuk memikirkannya adalah bahwa Bitcoin Blockchain adalah dinding tulisan publik yang dapat dilihat semua orang. Anda memiliki izin untuk melakukan modifikasi pada dinding jika Anda dapat membuktikan bahwa Anda adalah pemegang kunci.

Bukti itu berasal dari penggunaan kunci pribadi untuk menandatangani transaksi. Ini didasarkan pada kriptografi – Anda tidak perlu memahami lebih dalam dari itu untuk menggunakan Bitcoin. Itu terjadi di latar belakang, dan dompet Anda menanganinya. Dompet selanjutnya…

Menyimpan Bitcoin: Dompet

Dompet adalah perangkat lunak yang menyimpan kunci digital pribadi Anda. Dompet bukan bagian dari Bitcoin Blockchain, ia berkomunikasi dengannya. Ini adalah perangkat lunak milik pribadi.

Dompet itu sebenarnya tidak memiliki bitcoin di dalamnya. Melainkan ia bertanya kepada Jaringan Bitcoin, “berapa banyak bitcoin di alamat saya?”

Ingat itu adalah kunci pribadi yang secara matematis membuat alamat tanpa batas, dan mengontrol “keterjangkauan” bitcoin yang terkait dengan alamat tersebut. Semua alamat unik untuk kunci. Karena dompet mengetahui kunci pribadi, dompet dapat mengetahui alamatnya. Anda dapat memiliki banyak salinan dompet di berbagai perangkat, masing-masing dengan kunci pribadi yang sama, dan karenanya masing-masing akan menampilkan alamat bitcoin yang sama.

Sebuah Dompet Bitcoin:

Jika kunci hilang, bitcoin yang dikendalikannya tidak akan pernah bisa dihabiskan oleh siapa pun. Bitcoin masih ada di blockchain tetapi tidak dapat dibelanjakan (dipindahkan ke alamat lain) dan secara efektif “hilang”, atau “tidak dapat dihabiskan”.

Kata “dompet” dapat membingungkan pendatang baru karena digunakan dalam dua cara: Penggunaan pertama menggambarkan perangkat lunak yang menyimpan kunci Anda. Yang kedua menjelaskan semua alamat yang dibuat oleh kunci pribadi.

Perangkat lunak (disebut dompet) -> memegang kunci pribadi -> kumpulan alamat (disebut dompet)

Contoh dompet yang baru dibuat:

Transaksi

Transaksi Bitcoin dapat dianggap sebagai paket data kecil yang menyatakan jumlah bitcoin yang akan dipindahkan, alamat asal, alamat tujuan, ditambah tanda tangan. Semacam seperti cek bank (jumlah, pengirim, penerima, tanda tangan).

Transaksi dihasilkan oleh dompet perangkat lunak pengirim, ditandatangani oleh kunci pribadi yang terdapat dalam dompet, dan kemudian dompet mengirimkan data transaksi ke node Bitcoin. Seperti orang yang menulis cek, tidak menyerahkannya kepada penerima, tetapi langsung menyetorkannya ke rekening bank penerima.

Node tersebut kemudian memeriksa apakah transaksi tersebut valid (yaitu tidak mencurangi aturan Bitcoin), yang mencakup pemeriksaan tanda tangan yang dibuat oleh kunci pribadi adalah asli. Mirip dengan bankir yang memeriksa orang yang menulis cek memiliki dana di rekening asal, dan tanda tangan di cek itu asli.

Node menerima transaksi jika valid, dan baru kemudian meneruskannya ke node lain. Perhatikan bahwa kunci pribadi digunakan untuk menandatangani transaksi, dan itu adalah tanda tangan, bukan kunci pribadi, yang diteruskan ke node dan blockchain publik.

Setiap node yang menerima transaksi baru, menambahkannya ke daftar tunggu yang disebut “mempool”. Setiap node menyimpan salinan daftar tunggunya sendiri.

Transaksi duduk di mempool, menunggu penambang Bitcoin mengambilnya, dan menambahkannya ke blok Bitcoin berikutnya. (Penambang yang akan datang berikutnya). Seorang penambang menyelesaikan blok, dan mengirimkannya ke sebuah node, dan setelah memeriksanya valid, node tersebut menyebarkannya ke semua node lain yang juga memeriksanya valid. Blok dan transaksi baru yang terkandung di dalamnya kemudian menjadi bagian dari Blockchain.

Jika dompet memiliki alamat yang mengharapkan pembayaran, ia memeriksa apakah transaksi yang relevan telah ditambahkan ke blockchain. Data baru di blockchain digunakan untuk memperbarui saldo yang tercermin dalam dompet.

Sebuah contoh akan membantu menggambarkan hal ini. Bayangkan Alice membayar Bob 1.0 bitcoin. Saya akan mengabaikan biaya transaksi apa pun untuk kesederhanaan. Di bagian kiri gambar di bawah, dompet Alice memiliki alamat (alamat ke-3) dengan 1,0 bitcoin di dalamnya. Dia melakukan pembayaran dengan jumlah yang tepat ke alamat Bitcoin ke-3 Bob yang memiliki 5,15 bitcoin yang terkait dengannya. Bob memberi tahu Alice apa alamat ketiganya (yaitu memberikan faktur), dan dompet Alice melakukan transaksi yang menjelaskan alamat asal dan tujuan, dan jumlah yang akan ditransfer.

Dia kemudian menambahkan tanda tangan digital untuk transaksi dan menerbitkan transaksi ke Jaringan Bitcoin (mengirim transaksi ke mempool node, penambang memasukkan transaksi dalam blok, blok akan dikirim kembali ke node, blok baru didistribusikan ke semua node). Kedua dompet mereka memperbarui diri berdasarkan data di blockchain (dengan meminta node melalui internet).

Di sisi kanan diagram adalah status kedua dompet setelah transaksi selesai. Alamat ketiga Alice di dompetnya tidak memiliki bitcoin. Alamat penerima Bob sekarang memiliki 6,15 bitcoin, bukan 5,15 bitcoin. Bob telah dibayar.

Penambangan

Anda tidak perlu memahami cara kerja penambangan untuk memahami cara kerja Bitcoin. Anda mungkin sebaiknya tidak mempertimbangkan untuk mencoba menambang bitcoin sebagai individu. Hal ini umumnya tidak menguntungkan lagi. Pertambangan terutama menguntungkan bagi bisnis besar dengan akses listrik yang sangat murah (di bawah harga eceran). Di bawah ini adalah gambar “pertanian penambang” (mining farm) kecil:

Hanya pemahaman dasar tentang penambangan yang diperlukan untuk memahami bagaimana fungsi Bitcoin – Dengan cara yang sama seperti akumulator emas tidak perlu mengetahui bagaimana emas ditambang.

Penambangan dilakukan blok demi blok, dan semua penambang bersaing untuk menambang blok berikutnya. Ini melibatkan pengeluaran daya komputasi untuk mencari nomor khusus, dengan upaya coba-coba berulang kali. Tidak ada “perhitungan” yang terlibat, meskipun umumnya digambarkan seperti itu. Ini adalah kerja keras (Brute force) dan biaya listrik.

Ketika nomor ditemukan untuk menyelesaikan blok ke blok berikutnya, penambang diberi upah sejumlah bitcoin (sesuai tarif “halving/halvening” yang berlaku) di dalam blok itu. Selain memasukkan transaksi orang lain, setiap penambang melakukan satu transaksi yang secara efektif akan mengatakan “Alamat saya memiliki 6,25 bitcoin yang baru dibuat”. Semua transaksi lain di blok adalah pergerakan bitcoin, bukan penciptaan bitcoin.

Hadiah ini adalah bagaimana bitcoin secara teratur dibuat setiap blok. Karena penambang menemukan nomor khusus, ia membuktikan bahwa pekerjaan komputer telah selesai, sehingga ketika blok diteruskan ke node, mereka semua akan menerima kreasi bitcoin ini sebagai valid. Siapa pun yang melakukan ini terlebih dahulu (per blok), menang. Datang kedua tidak membuahkan hasil. Setelah ada pemenang, semua penambang mulai bekerja untuk memenangkan blok berikutnya.

Siapa pun yang mencoba menipu/memalsu akan gagal karena mereka tidak akan memiliki nomor yang benar. Nomornya sangat sulit ditemukan, tetapi mudah dan cepat bagi node untuk memeriksa keabsahannya.

Usaha komputer ini TIDAK BUANG-BUANG energi. Ini adalah mekanisme pertahanan. Para penambang menghabiskan energi ini, mencari imbalan dalam bitcoin. Setiap penyerang, seseorang yang ingin mengutak-atik blockchain, harus bersaing dengan menghabiskan lebih banyak energi daripada gabungan seluruh kekuatan penambangan dunia, dan berpotensi menerima NO REWARD jika gagal. Semakin banyak energi yang dikeluarkan oleh penambang, semakin mahal untuk menyerang Bitcoin.

Semua kekuatan komputer penambangan di seluruh dunia DIGABUNG, melindungi integritas seluruh sistem Bitcoin. Ini melindungi blockchain, jadi tidak ada yang bisa mengedit aturan Bitcoin, atau mencuri dana.

Selain keamanan keseluruhan ini, ada keamanan pribadi. Saat Anda mengontrol bitcoin dengan kunci pribadi, “kontrol” Anda dilindungi oleh Anda menjaga agar kunci Anda tetap aman dan rahasia. Jika seseorang memiliki kunci pribadi Anda, mereka dapat mencuri dana Anda, dan melakukannya tanpa melanggar aturan Bitcoin.

Mengapa Bitcoin Bisa Digunakan Menjadi Uang?

Bitcoin bisa menjadi uang karena memiliki semua fitur yang diinginkan dari uang yang baik. Ini dapat dibagi, portabel, tahan lama, dapat dikenali, dapat ditransfer (media pertukaran), mengukur nilai (unit akun), dan mudah diverifikasi. Yang terpenting, itu tidak tergantung pada kejujuran manusia, atau koordinasi terpusat, dan tidak dapat direndahkan nilainya dengan menciptakan lebih banyak unit (kelangkaan jumlah).

Sebuah kontra-argumen (akan dieksplorasi dalam artikel mendatang) adalah bahwa uang membutuhkan “nilai intrinsik” – Faktanya, tidak ada yang memiliki nilai intrinsik. Argumennya sebaiknya diungkapkan: “Itu perlu memiliki nilai untuk sesuatu selain uang.” – Ini juga tidak benar. Uang tidak membutuhkan nilai alternatif. Ini adalah bahasa. bahasa nilai:

Bandingkan dengan bahasa Inggris: Tujuan bahasa Inggris adalah untuk “menyimpan” dan mengkomunikasikan MAKNA. Bahasa Inggris tidak memiliki “makna intrinsik”. Kata-kata itu sendiri hanyalah simbol atau suara abstrak. Orang-orang tidak berbicara bahasa Inggris karena mereka percaya ada sesuatu yang intrinsik di dalamnya. Mereka melakukannya karena orang yang berkomunikasi dengan mereka juga berbicara dalam bahasa yang sama. Jaringan orang-orang yang berbicara bahasa itu mulai kecil, dan tumbuh.

Untuk uang pasar bebas (bukan uang yang dipaksakan pemerintah), orang berbicara bahasa nilai dengan manusia lain yang menerima bahasa itu. Dengan cara yang sama bahwa bahasa Inggris tidak membutuhkan nilai intrinsik untuk diterima sebagai bahasa, uang tidak membutuhkan nilai intrinsik untuk diterima sebagai bahasa.

Nilai alternatif apa pun untuk uang hanya berguna untuk tahap awal adopsi bahasa. Begitu diadopsi, nilai alternatif menjadi tidak relevan – bahkan bisa hilang dan tidak masalah. Inilah bagaimana emas tumbuh sebagai bahasa uang. Kegunaannya untuk tujuan lain bagus, tetapi tidak relevan. Sifat moneternya yang unggul dan kelangkaan relatifnyalah yang menumbuhkan dominasinya sebagai uang pasar bebas, bukan penggunaan alternatif atau nilai alternatifnya.

Sekarang, untuk pertama kalinya, ada sesuatu yang jauh lebih baik daripada emas. Hanya perlu waktu bagi orang untuk belajar Bahasa (Bitcoin).

Sebuah kandidat untuk uang tidak hanya membutuhkan properti yang tepat, ia juga membutuhkan penerimaan sosial, dan di pasar bebas, ia harus memulai sebagai yang terbaik. Setelah memimpin untuk penerimaan, tidak perlu lagi menjadi yang terbaik. Itu bisa cukup baik sebagai uang, dan pesaing baru mana pun yang hanya sedikit lebih baik tidak dapat mengejar ketinggalan.

Untuk mengilustrasikan dengan contoh bahasa, jika ada bahasa baru seperti bahasa Inggris, tetapi terdengar sedikit lebih indah, kita dapat mengatakan itu sedikit lebih baik, tetapi bahasa Inggris tidak akan terkejar. Bahasa Inggris akan tetap dominan karena sudah dominan. Ini adalah properti jaringan yang sudah terbangun.

Sebaliknya, alasan Bitcoin akan menyalip emas bukanlah karena sedikit lebih baik – tetapi karena jauh lebih baik. Kemungkinan akan mengatasi uang pasar bebas yang dominan karena memperbaiki kelemahan terbesar emas.

Kelemahan emas:

  • Tidak mudah dibagi untuk pembayaran kecil
  • Tidak mudah dibawa-bawa (coba bawa beberapa kilogram ke luar negeri)
  • Bukan digital
  • Penyelesaian akhir sangat lambat dan mahal (pengiriman fisik).
  • Biaya mahal untuk disimpan dengan aman
  • Perlu koordinasi terpusat
  • Bisa dan pernah disita oleh pemerintah (kasus: Order 6102 di Amerika Serikat)

Untuk mengatasi banyak keterbatasan, mata uang kertas yang didukung oleh emas diciptakan. Hal ini memungkinkan orang untuk memperdagangkan nilai (emas) secara lebih portabel, dengan nilai kecil, dan kemudian secara digital, tetapi hal ini memperkenalkan resiko batasan baru – Pihak Ketiga Yang Harus Tepercaya. Bitcoin mengatasi kelemahan emas, tanpa diperlukan lagi pihak ketiga yang tepercaya. Ini benar-benar menakjubkan.

Sejak Presiden Nixon menghapus sepenuhnya dukungan dolar AS oleh emas fisik pada tahun 1971, dolar menjadi uang (fiat), bukan mata uang. Uang yang mudah, bukan uang yang keras. Bukan uang yang sehat.

Kita sekarang memiliki beberapa mata uang kertas pemerintah yang tidak didukung oleh apa pun – kita dapat menyimpulkan bahwa standar emas telah gagal. Jika pun dunia mungkin kembali ke standar emas lagi, hal yang sama bisa terjadi lagi nanti. Kita membutuhkan solusi yang lebih baik, dan ada satu. Tapi sepertinya pemerintah tidak akan secara sukarela mengadopsi Bitcoin (walaupun mungkin). Sebaliknya, seperti yang dikatakan oleh Ekonom Austria yang terkenal, sekarang kutipan terkenal di kalangan Bitcoin:

“Saya tidak percaya kita akan pernah memiliki uang yang baik lagi sebelum kita mengambil barang itu dari tangan pemerintah, yaitu, kita tidak bisa mengambil mereka dengan kekerasan dari tangan pemerintah, yang bisa kita lakukan adalah dengan beberapa jalan memutar yang cerdas dengan memperkenalkan sesuatu yang tidak bisa mereka hentikan.” – Friedrich Hayek pada tahun 1984

Meskipun jauh lebih baik daripada emas, Bitcoin tidak akan benar-benar menjadi uang sampai diterima oleh kebanyakan orang sebagai uang. Itu membutuhkan waktu untuk berkembang. Hampir semua orang di dunia tidak perlu MEMILIKI sebagian untuk menjadi uang, tetapi hampir semua orang di dunia perlu MENGINGINKANnya. Ini adalah rintangan terakhir untuk Bitcoin.

Mengapa Bitcoin Penting?

Bitcoin penting karena kita tidak memiliki uang pasar bebas. Uang kita diciptakan oleh dan dikendalikan oleh pemerintah dan bank sentral, dan kontrol itu memungkinkan mereka untuk mengambil hasil kerja keras/waktu manusia (tabungan) dari kita di luar kehendak kita – melalui penciptaan uang (fiat). Ini adalah bencana kemanusiaan, dan untuk mengetahui lebih banyak tentang ketidakadilan ini sepanjang sejarah manusia, saya mendorong Anda untuk membaca artikel Robert Breedlove yang ditulis dengan sangat baik, “Tuan dan Budak Uang

Ada banyak alasan lain mengapa Bitcoin penting, tetapi sejauh ini yang paling penting. Ada orang yang dapat membayangkan (termasuk saya sendiri) bahwa dunia dengan uang pasar bebas, dan bank sentral yang diberantas, akan menjadi dunia yang damai dan sejahtera. Itulah mimpinya.

Uang Pasar Bebas vs Barter

Di pasar bebas, pada akhirnya hanya akan ada satu uang. Jika ada banyak uang, itu hanya menambah gesekan, dan bergerak menuju barter. Uang memecahkan masalah barter. Jika uang pasar bebas bekerja, barter pada akhirnya akan hilang. Perhatikan bahwa sebagian besar negara memiliki uang pemerintah, yang diwajibkan oleh hukum, untuk digunakan untuk pertukaran, menulis kontrak, dan membayar pajak. Ini bukan uang pasar bebas, dan itulah sebabnya banyak yang bisa ada, dan juga mengapa valuta asing diperlukan untuk perdagangan internasional.

Saat menyimpan kekayaan seseorang, seseorang memiliki insentif untuk menyimpannya dalam uang yang paling diterima – bukan yang paling diterima kedua. Tekanan ini pada akhirnya menghasilkan uang terkemuka untuk menyerap semua simpanan kekayaan yang lebih rendah. Tapi butuh waktu.

Ringkasan

Mudah-mudahan, ini dapat membantu Anda memahami apa sebenarnya Bitcoin itu, dan mengapa Bitcoin bukan hanya token/koin tidak berharga yang “tidak didukung oleh apa pun” yang dapat dengan mudah dihentikan oleh pemerintah. Ini adalah kesan pertama yang alami, tetapi saat Anda menggaruk permukaannya, Anda akan menyadari bahwa itu adalah sesuatu yang menakjubkan. Di artikel-artikel mendatang, saya akan menulis tentang keberatan-keberatan orang (ada banyak), dan tanggapan saya terhadap mereka. Saya juga akan menulis tentang kekhawatiran yang muncul setelah memahami Bitcoin untuk sementara waktu – mereka juga memiliki argumen tandingan yang sangat baik.

Artikel “yang tidak terlalu teknis” ini berdasarkan desain. Ketika Anda siap untuk langkah berikutnya dalam pemahaman teknis, saya sangat merekomendasikan kuliah yang luar biasa dari Andreas Antonopoulos ini. Tidak ada yang lain seperti itu.

Untuk pemahaman yang lebih mendalam tentang Bitcoin secara keseluruhan, lihat silabus yang telah saya buat, dan berbagai artikel pendidikan lainnya di blog saya.

Saya juga tersedia untuk menjawab pertanyaan dan dapat dihubungi di Twitter – @parman_the‌‌‌‌.

Tips:

Static Lightning Address: dandysack84@walletofsatoshi.com

%d bloggers like this: